Sabtu, 04 Desember 2010

Web Testing



Setiap website pasti memiliki database & objek – objek di dalamnya. Kita bisa melakukan tes terhadap sebuah website untuk melihat data statistik dari website yang kita tes. Website yang akan kami test kali ini adalah sebuah website e-commerce berskala internasional yaitu Amazon.com. Amazon.com merupakan perusahaan dagang elektronik yang menjual barang-barang seperti perangkat elektronik, musik, buku, peralatan olahraga, komputer dan lain-lain. Amazon.com didirikan tahun 1994 oleh Jeff Bezos, dan diluncurkan secara online 1995. Nama asli dari perusahaan ini tadinya Cadabra.Inc.Amazon.com merupakan toko online terbesar saat ini. Kemudian kami menggunakan BrowserMob.com untuk melakukan pengujian pada website Amazon.com tersebut, sehingga diperoleh data seperti berikut :



Pengujian oleh BrowserMob.com dilakukan dari 4 server yang berbeda. Antara lain di Washington DC, Dublin, San Francisco, & Dallas. Kami mengambil data yang diperoleh dari server yang berada di Washington DC dengan waktu load selama 3,83 detik. Dari data terlihat sebuah presentase objek pada website tersebut yang direpresentasikan dalam bentuk diagram lingkaran. Objek – objek yang dilihat antara lain Images, Scripts, Stylesheets, Documents, Flash, & objek lainnya. Terlihat presentase Images sekitar 50% dari total data yang ada pada website tersebut. Scripts sekitar 30%, dan sisanya adalah objek – objek lain yang terdapat pada diagram. Informasi lain yang dapat diperoleh dari data yaitu Total Page Size atau ukuran total data dari halaman utama website. Total page size pada Amazon.com yaitu sebesar 879,4 KB. Ukuran ini merupakan jumlah keseluruhan dari presentase objek yang telah disebutkan tadi. Selain data yang telah disebutkan di atas, BrowserMob.com juga menampilkan Network Performance website yang dites. Network Performance ini merupakan record dari objek – objek yang di load selama akses ke website tersebut dilakukan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pengaksesan melalui server di Washington DC dilakukan selama 3,83 detik, jadi pada bagian ini akan ditampilkan statistik dari objek – objek yang diakses dari website Amazon.com selama waktu akses. Hasilnya seperti berikut :






Saya akan melanjutkan melakukan web testing dengan menggunakan loadimpact.com. Kali ini saya akan mencoba melakukan tes terhadap amazon.com. Pertama masukan url website yang kita test secara lengkap, karena web tools ini membutuhkan url yang sangat spesifik untuk melakukan proses testing.



Kemudian setelah dilakukan testing akan muncul hasil sebagai berikut :

Gambar diatas merupakan merupakan grafik user yang mengakses amazon.com setiap 10 user per waktu yang diperlukan. 




Gambar diatas merupakan detail dari tes yang dilakukan loadimpact.com. Hasil test memperlihatkan waktu dimulainya test dan waktu berakhirnya. Kemudian diberitahukan juga load generator yaitu Stockholm2 dengan kecepatan akurasi yang cepat. Kemudian diperlihatkan hasil tes terhadap user yang mengkases amazon.com setiap 10 user dengan jangka waktu yang dibutuhkan. Dapat dilihat setiap 1.08-1.09 detik ada 10 user yang mengakses amazon.com Dapat disimpulkan tes yang dilakukan loadimpact.com menitik beratkan pada banyaknya user yang mengakses suatu web.

Itulah hasil tes menggunakan beberapa webtools dengan hasil yang berbeda sesuai fungsi web tools itu sendiri. Jadi apabila ingin melakukan suatu tes, dapat digunakan web tools sesuai kebutuhan.

Definisi E-commerce

E-commerce merupakan prosedur berdagang atau mekanisme jual-beli di internet dimana pembeli dan penjual dipertemukan di dunia maya. E-commerce juga dapat didefinisikan sebagai suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“.

E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan). Proses yang ada dalam E-commerce adalah sebagai berikut :
a. Presentasi electronis (Pembuatan Web site) untuk produk dan layanan.
b. Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.
c. Otomasi account Pelanggan secara aman (baik nomor rekening maupun nomor Kartu Kredit).
d. Pembayaran yang dilakukan secara Langsung (online) dan penanganan transaksi.

Salah satu contoh web E-commerce yang akan kami bahas disini yaitu Amazon.com. Amazon.com merupakan perusahaan dagang elektronik yang menjual barang-barang seperti elektronik, music, buku, peralatan olahraga, computer dan lain-lain. Amazon.com didirikan tahun 1994 oleh Jeff Bezos, dan diluncurkan secara online 1995. Nama asli dari perusahaan ini tadinya Cadabra.Inc.Amazon.com merupakan toko online terbesar saat ini.
Pada bagian Homepage terdapat navigasi catalog barang yang dijual di website ini. Terdapat juga kotak pencarian barang berdasarkan catalog yang tersedia. Pada Homepage juga di tampilkan barang-barang yang pada saat itu banyak dicari dan dibeli oleh pengguna Amazon.com, bagian itu biasanya menjadi Headline pada Homepage Amazon.com. Kategori yang juga selalu ditampilkan pada Homepage yaitu “What Other Customers Are Looking At Right Now”, selain itu kategori yang lain berdasarkan banyaknya pencarian oleh pengguna Amazon.com. Jika kita telah sign in dan mengisi biodata dengan baik maka pada Homepage akan tersedia kategori “Related to Items You've Viewed”. Di menu bagian kanan terdapat kolom iklan. Dibawahnya baru terdapat kategori-kategori dari barang-barang yang tersedia di Amazon.com. Untuk melakukan transaksi dan pembelian barang di Amazon.com pengguna harus memiliki account. Untuk memiliki account pengguna bisa Sign up, setelah itu mengisi data diri. Pada Amazon.com terdapat sebuah halaman khusus untuk account. Isi dari halaman tersebut antara lain Orders yang digunakan untuk pemesanan barang. Setelah itu Payment yang digunakan untuk melakukan pembayaran atas barang yang dibeli atau dipesan. Lalu Settings yang digunakan untuk Account pengguna. Setelah itu Digital Content yang digunakan sebagai media digital tambahan untuk mempermudah proses jual beli, seperti musik, film, dan media digital lainnya. Lalu yang terakhir Personalization yang fungsinya sama seperti Settings.
Prosedur pemesanan barang pada website ini yaitu sebagai berikut :
1. masuk ke www.amazon.com
silahkan sign in atau klik New customer? Start here
2. pilih barang yang ingin dibeli.
3. kalau sudah yakin memilih barang & harga, klik tombol "add to cart"
5. apabila telah selesai melakukan transaksi, klik proceed to chekout
6. secara otomatis akan menuju halaman "alamat pengiriman & pembayaran" (perhatikan alamat pengiriman barang, sebaiknya sama dengan alamat biling kartu kredit)
7. masukan data-data kartu kredit

***

Untuk membuat e-commerce atau yang lebih kecil dan spesifik yaitu toko online, sekarang ini sudah tidak lagi begitu sulit.Karena sudah banyak fasilitas penunjang yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dalam bidang online, seperti perusahaan ekspedisi, telekomunikasi, ISP, dan perbankan. Setidaknya untuk sekarang ini perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang itulah yang menjadi jiwa dari bisnis toko online yang termasuk ke dalam e-commerce. Yang utama adalah bagaimana perbankan terus meningkatkan fasilitas-fasilitas dimana nasabah bisa menggunakan saldonya untuk transaksi elektronik, semakin banyak kelebihan yang diberikan saat kita mentransfer uang kita untuk pembelian di toko online. Untuk toko online atau e-commerce yang bersifat menggunakan deposit, perbankan juga menyediakan fasilitas share source transaksi rekening anda. Jadi sistem akan sangat cepat dalam memproses transfer dari nasabah, kita dapat memprosesnya dengan sistem tiket maka tidak dibutuhkan operator dalam sistem pembayaran deposit karena sistem akan memproses hanya dalam hitungan detik. Untuk perusahaan ekspedisi sekarang ini semakin banyak dan semakin luas, juga memberikan integritas yang juga baik. Kita dapat memiliki kepercayaan dalam berbisnis bersama periusahaan-perusahaan ekspedisi itu. Perusahaan ISP dan komunikasi juga sangat menunjang jalanya e-commerce, terang saja karena e-commerce dilahirkan dari teknologi ini. Dalam penyediaan layanan yang baik, kita dapat menggunakan jasa telekomunikasi dan internet untuk kemudahan dan efisiensi waktu. Maka saat ini bagi Anda yang ingin membuka e-commerce Anda sendiri, sudah tidak perlu ragu lagi karena di negara kita juga sudah memiliki kemampuan untuk itu. Selamat mencoba dan semoga sukses