Selasa, 13 Maret 2012

Animasi Dengan Teknik Image

Animasi
Pengertian animasi pada dasarnya adalah menggerakkan objek agartampak lebih dinamis. Sebelum era komputerisasi seperti sekarang, animasi merupakan proses yang rumit dan menyita banyak waktu dan tenaga. Film-film animasi terdahulu menggunakan ratusan sampai ribuan gambar sketsa tangan untuk membuat sebuah animasi pergerakan satu-persatu. Tiap gambar bergerak tersebut dikenal dengan frame. Untuk membuat animasi yang halus pergerakannya maka dibutuhkan makin banyak gambar. Setelah era komputer grafik seperti sekarang, proses animasi tidak lagi merupakan suatu proses yang terlalu rumit. Seorang animator 2Datau 3D cukup menganimasikan frame awal dan akhir dari suatu pergerakan animasi, selebihnya komputer akan mengkalkulasi gerakan di antaranya (dikenal dengan istilah In-Between). Informasi pergerakan sebuah objek dicatat komputer dengan informasi berupa keyframe. Jumlah keyframe dan frame di antaranya inilah yang menentukan halus atau tidaknya sebuah pergerakan animasi.

Animasi Dengan Teknik Image
Animasi dengan teknik ini adalah menyimpan image sebagai sebuah sprite dalam memori yang kemudian akan ditampilkan di backgroundnya. Dalam teknik ini animasi yang disimpan harus berlatar belakang sesuai backgroundnya. Animasi dengan teknik ini biasanya sulit dalam pembuatan gambarnya, sebab harus banyak dan melakukan penyamaan dan posisi. Akan tetapi teknik ini mudah dalam hal memainkan animasinya.

Gambar berbentuk animasi menjadi suatu bentuk gambar yang sangat menarik untuk dinikmati. Cara pembuatan gambar animasi dalam bentuk file GIF sebenarnya dapat dibuat dengan cara sederhana dan tidak terlalu rumit. Dibutuhkan ketelatenan dalam merangkai beberapa gambar dengan sedikit perbedaan, baik bentuk ataupun warna untuk dipadukan menjadi sebuah gambar yang bergerak dan/atau berubah warna. Melalui bentuk animasi ini kita bisa mendapatkan bentuk gambar yang indah, menarik dan bahkan lucu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar